Selasa, 04 Desember 2018

Dasar Pemrograman Web 1

PEMROGRAMAN WEB

A.   Perangkat Lunak (Software) Pemrograman Web

Perangkat Lunak (Software) Pemrograman Web adalah program yang digunakan untuk mendesain, merancang, membuat dan menampilkan Web di internet. Ada beberapa perangkat lunak (software) pemrograman untuk mendesain, merancang dan menampilkan web, diantaranya:

1.     Program Teks Editor

Teks Editor adalah program yang bisa digunakan untuk membuat document HTML (Web page/Halaman Web), ada banyak HTML editor yang bisa anda gunakan diantaranya: Ms FrontPage, Dreamweaver, Notepad, EditPlus, dll.
·         Notepad
Notepad merupakan program yang digunakan untuk merancang web berbasis Teks. Berikut tampilan   program notepad :
Gambar 1.1 Note Pad


·         EditPlus
EditPlus merupakan program yang digunakan untuk merancang web berbasis Teks. Berikut tampilan   program EditPlus:


Gambar 1.2 EditPlus 2

·         Macromedia Dreamweaver
Macromedia Dreamweaver adalah Program editor yang digunakan untuk merancang (desain ) web, baik itu berbasis teks maupun visual. Ada beberapa versi macromedia dreamweaer diantaranya :
·         Macromedia Dreamweaver 2004
·         Macromedia Dreamweaver MX
·         Macromedia Dreamweaver 8
·         Macromedia Dreamweaver CS3,CS4,CS5,CS6
Berikut Tampilan Program Macromedia Dreamweaver 8 :


Gambar 1.3 Macromedia Dreamweaver 8

1.     Web Browser

Web Browser merupakan software yang di install di mesin client (komputer kita sebagai pengguna website) yang berfungsi untuk menterjemahkan tag-tag HTML menjadi halaman web. Contoh browser Internet Explorer, Mozila, Google Chrome dan masih banyak yang lainya.
·         Internet Explorer
Browser yang pasti sudah terinstall pada komputer dengan sistem operasi windows. Jika anda masih menggukan Internet Explorer versi 6, 7 dan 8, saya anjurkan untuk mendownload versi terbaru yakni Internet Explorer 9/10 (untuk Windows Vista/7).
Penggunaan Internet Explorer dalam pengujian halaman web sangat tidak dianjurkan (terutama versi 7 ke bawah) karena dukungannya yang kurang serta proses penampilan halaman web yang terkadang menjadi berantakan. Namun karena pengguna Internet explorer di dunia masih mendominasi, mau tidak mau kita harus menggunakan Internet Explorer.


Gambar 1.4 Internet Explorer

·         Mozilla Firefox  
Web browser ini bisa dikatakan web browser yang paling disenangi oleh para developer web karena kekayaannya dalam hal Add-on1. Anda dapat mendownloadnya di http://firefox.com                                                    

Gambar 1.5 Mozilla Firefox

·         Google Chrome
Google Chrome adalah web browser besutan Google yang memiliki beberapa keunggulan. Chrome bisa dikatakan browser yang sangat ringan, cepat2 dan kaya akan aplikasi/Add-on. Selain itu Chrome menggunakan engine3 Webkit, engine browser yang rata-rata mendukung fitur-fitur terbaru dari teknologi HTML dan CSS. Anda dapat mendownloadnya di http://google.com/chrome
Gambar 1.6 Google Chrome

2 komentar:

  1. Silahkan isi kolom komentar bila ada pertanyaan!...

    BalasHapus
  2. setelah Anda memahami Dasar Pemrograman web 1 silahkan lanjutkan ke Dasar Pemrograman web 2 !...

    BalasHapus